CP Muatan Keterampilan Perikanan Tangkap Fase D


Keterampilan Perikanan Tangkap merupakan suatu proses pendidikan yang berorientasi pada pembentukan sikap, kemandirian, dan keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan peserta didik. Keterampilan ini memuat penanaman jiwa patriotisme, cinta tanah air, kebanggaan akan laut sebagai masa depan bangsa, dan membentuk generasi muda yang memiliki jiwa wirausaha.

Peserta didik yang mempelajari Keterampilan Perikanan Tangkap akan diarahkan untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan proses penangkapan ikan, pengolahan dan penanganan hasil perikanan, serta diversifikasi produk dan pemasaran yang berorientasi pada manajemen usaha perikanan.

Pembelajaran Muatan Keterampilan Perikanan Tangkap bertujuan untuk membekali peserta didik dengan Keterampilan Perikanan Tangkap dan dapat menggunakan berbagai pendekatan serta model pembelajaran sesuai dengan karakteristik keterampilan dan kebutuhan peserta didik.

Muatan Keterampilan Perikanan Tangkap sangat strategis dalam mengembangkan profil pelajar Pancasila. Melalui capaian pembelajaran Perikanan Tangkap, peserta didik diarahkan untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan mensyukuri anugerah kekayaan laut yang melimpah dan berakhlak mulia terhadap alam. Selain itu, peserta didik diarahkan untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Peserta didik juga diarahkan untuk menumbuhkan semangat gotong royong melalui kerja kelompok yang membangun kebinekaan, menumbuhkan sikap kemandirian, dan jiwa kewirausahaan melalui kegiatan pembelajaran penangkapan ikan, penanganan, dan pengolahan ikan serta diversifikasi produk dan pemasaran.

Pada akhir Fase D, peserta mampu memahami dan menerapkan nilai patriotisme untuk mewujudkan laut sebagai masa depan bangsa. Peserta didik juga mampu menerapkan pengetahuan tentang alat penangkapan ikan, standar prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), proses penanganan, penyimpanan dan proses pengolahan hasil tangkapan ikan secara tradisional dan modern, serta mampu memahami teknik pemasaran produk olahan perikanan di lingkungan sekitarnya.

CP Muatan Keterampilan Perikanan Tangkap Fase D setiap elemen adalah sebagai berikut:

ElemenCapaian Pembelajaran
Wawasan Nusantara Peserta didik mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai patriotisme untuk mewujudkan laut sebagai sumber kehidupan dan masa depan bangsa.
Proses Penangkapan Ikan Peserta didik mampu menerapkan pengetahuan tentang alat penangkapan ikan dengan memperhatikan K3.
Penanganan dan Penyimpanan Hasil Tangkapan Ikan Peserta didik mampu memahami proses penanganan dan penyimpanan hasil tangkapan ikan secara tradisional dan modern dengan memperhatikan K3.
Pengolahan Hasil Perikanan Peserta didik mampu memahami proses pengolahan hasil perikanan secara tradisional dan modern dengan memperhatikan K3.
Diversifikasi Produk dan Pemasaran Peserta didik mampu memahami teknik pemasaran produk olahan perikanan di lingkungan sekitarnya.

Sumber: Keputusan Kepala BSKAP Kemedikbudristek No. 32/H/KR/2024