CP Muatan Keterampilan Pengelolaan Sampah Fase D


Muatan Keterampilan Pengelolaan Sampah membekali peserta didik agar mampu bersikap kreatif, inovatif, kritis, dan terampil guna meningkatkan kesejahteraan bagi peserta didik, keluarga, dan masyarakat sekitarnya melalui pengelolaan sampah keluarga dan industri.

Muatan Keterampilan Pengelolaan Sampah dalam Kurikulum Merdeka berada pada kelompok Pemberdayaan dan Keterampilan berbasis profil pelajar Pancasila yang dapat dilakukan dengan mengintegrasikan Muatan Pemberdayaan. Pembelajaran Muatan Keterampilan Pengelolaan Sampah bertujuan untuk membekali peserta didik dengan Keterampilan Pengelolaan Sampah dan menginternalisasikan dimensi profil pelajar Pancasila.

CP (Capaian Pembelajaran) Muatan Keterampilan Pengelolaan Sampah bersifat fleksibel sehingga memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan usia dan kebutuhannya. Peserta didik yang ingin meningkatkan kompetensi keterampilan dapat mengambil capaian pembelajaran pada fase yang lebih tinggi.

Pada akhir Fase D, peserta didik mampu menerapkan pembiasaan mengurangi (reduce) sampah plastik. Peserta didik mampu memahami barang yang dapat digunakan berulang. Peserta didik memahami konsep penggunaan kembali (reuse) dari sampah yang ditimbulkan. Peserta didik menerapkan pemanfaatan sampah yang sudah dipilah sebagai bahan untuk keterampilan secara kreatif. Peserta didik mengaplikasikan pengetahuan pengurangan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari.

CP (Capaian Pembelajaran) Muatan Keterampilan Pengelolaan Sampah Fase D setiap elemen adalah sebagai berikut:

ElemenCapaian Pembelajaran
Observasi dan eksplorasi
  • Peserta didik mampu memahami jenis sampah yang dihasilkan lingkungan sekitar.
  • Peserta didik mampu menerapkan diskusi aktif berdasarkan hasil pengamatan sampah yang dihasilkan lingkungan sekitar.
  • Peserta didik mampu menerapkan hasil keterampilan sederhana berbahan sampah.
  • Peserta didik mampu menerapkan pembiasaan diri mengurangi sampah plastik di lingkungan sekitar sebagai tempat yang bersih dan sehat.
Perencanaan
  • Peserta didik mampu memahami perencanaan pengelolaan sampah yang dihasilkan lingkungan sekitar.
  • Peserta didik mampu memahami perencanaan daur ulang sampah plastik.
  • Peserta didik mampu menerapkan perencanaan daur ulang sampah plastik di lingkungan sekitar menjadi keterampilan bernilai guna.
Pengolahan
  • Peserta didik mampu menerapkan konsep pembiasaan mengurangi sampah plastik.
  • Peserta didik mampu menerapkan pemanfaatan sampah plastik agar bernilai guna.
Pemasaran
  • Peserta didik mampu memahami sampah yang bernilai jual melalui konsep didaur ulang.
  • Peserta didik mampu menerapkan pengelolaan sampah menjadi barang layak jual sebagai salah satu sumber pendapatan.
Refleksi
  • Peserta didik mampu menerapkan pembiasaan diri untuk menggunakan barang bukan sekali pakai.

Sumber: Keputusan Kepala BSKAP Kemedikbudristek No. 32/H/KR/2024