CP Seni Tari Fase D


CP Seni Tari Fase D ini merupakan Capaian Pembelajaran terbaru yang mengacu pada ruang lingkup seni dan budaya dalam Permendikbudristek No. 8 Tahun 2024 tentang Standar Isi.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Peserta didik mampu menggali, mengelompokkan, dan memadukan nilai, jenis, fungsi tari berdasarkan latar belakang budaya sebagai pengetahuan dasar untuk membuat dan meragakan gerak tari kreasi dengan mengaplikasikan desain lantai dan level secara individu/ kelompok menggunakan unsur pendukung tari.

CP (Capaian Pembelajaran) Seni Tari Fase D setiap elemen adalah sebagai berikut.

ElemenCapaian Pembelajaran
Mengalami (Experiencing)

Peserta didik menggali latar belakang nilai, jenis, dan fungsi tari dalam konteks budaya.

Merefleksikan (Reflecting)

Peserta didik mengelompokkan dan memadukan nilai, jenis, dan fungsi tari berdasarkan latar belakang budaya serta mengukur hasil pencapaian karya tari.

Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)

Peserta didik membuat gerak tari kreasi yang merefleksikan nilai, jenis, dan fungsi dari tari tradisi dengan mempertimbangkan unsur utama dan pendukung tari.

Menciptakan (Creating)

Peserta didik membuat gerak tari kreasi berdasarkan jenis dan fungsi dari tari tradisi dengan mengaplikasikan desain lantai dan level.

Berdampak (Impacting)

Peserta didik menghargai dan mengajak orang lain untuk mencintai dan bangga terhadap tari tradisi melalui proses kreatif yang dilakukan.


Sumber: Keputusan Kepala BSKAP Kemedikbudristek No. 32/H/KR/2024


Baca juga CP Terbaru versi Tahun 2024 lainnya: