CP Muatan Keterampilan Robotika Fase D


CP Capaian Pembelajaran Muatan Keterampilan Robotika bersifat fleksibel sehingga memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan tingkat usia dan kebutuhannya.

Peserta didik yang akan meningkatkan kompetensi keterampilan dapat mengambil capaian pembelajaran pada fase yang lebih tinggi. Hal ini dapat dilakukan, apabila peserta didik telah menyelesaikan capaian pembelajaran pada fase-fase di bawahnya.

Pendidik dan/atau satuan pendidikan dapat memfasilitasi hal tersebut dengan menyelenggarakan matrikulasi.

Pada akhir Fase D, peserta didik mampu berpikir sistematis logis untuk memahami program robot dengan sensor, komponen mekanika dan elektronika, serta menerapkan pembuatan robot pada mikrokontroler.

CP Muatan Keterampilan Robotika Fase D setiap elemen adalah sebagai berikut:

ElemenCapaian Pembelajaran
Berpikir KomputasionalPeserta didik mampu menerapkan pola berpikir sistematis logis dengan menerapkan pembuatan pola cara kerja robot dalam membaca sensor dan menggerakkan aktuator menggunakan mikrokontroler.
Algoritma dan PemrogramanPeserta didik mampu menerapkan pembuatan program robotika dengan pengulangan, variabel tertentu, serta menerapkan perbaikan kesalahan pemrograman pada mikrokontroler.
Eksplorasi MekanikaPeserta didik mampu memahami cara kerja motor deteksi arus searah (Direct Current) dan menerapkan cara penggunaannya.
Eksplorasi ElektronikaPeserta didik mampu memahami komponen mikrokontroler dan prinsip kerjanya.
Robotika TerapanPeserta didik mampu memahami komponen dasar robot berupa aktuator dan sensor, memahami cara kerja mikrokontroler sederhana dan menghubungkannya dengan ponsel pintar atau komputer, menerapkan pembuatan projek robot yang dipasang dan dijalankan dalam papan mikrokontroler dengan konstruksi yang rapi secara mekanik maupun elektronik, serta mempresentasikan hasil karyanya.

Sumber: Keputusan Kepala BSKAP Kemedikbudristek No. 32/H/KR/2024


Baca juga CP Terbaru versi Tahun 2024 lainnya: