CP Informatika Fase D ini merupakan Capaian Pembelajaran terbaru yang mengacu pada Permendikbudristek No. 8 Tahun 2024 tentang Standar Isi.
Peserta didik mampu menerapkan proses berpikir efektif dan efisien untuk menyelesaikan persoalan berlatar belakang informatika yang didasari data terstruktur, menentukan langkah-langkah untuk mengolah instruksi interaktif dan data yang dapat dijalankan oleh manusia atau mesin otomasi, dan memanfaatkan dengan optimal sekumpulan fasilitas yang tersedia, memanfaatkan data internet, serta mampu bersosialisasi dan berkolaborasi dengan baik, serta berkreasi dengan etis di dunia digital.
Pada Fase D mata pelajaran Informatika memuat dua elemen, yaitu berfikir komputasional dan literasi digital.
CP (Capaian Pembelajaran) Informatika Fase D setiap elemen adalah sebagai berikut.
Elemen | Capaian Pembelajaran |
---|---|
Berpikir Komputasional | Peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode. |
Literasi Digital |
|
Sumber: Keputusan Kepala BSKAP Kemedikbudristek No. 32/H/KR/2024
Baca juga CP Terbaru versi Tahun 2024 lainnya:
- CP PAI Fase D
- CP Pendidikan Pancasila Fase D
- CP Bahasa Indonesia Fase D
- CP Matematika Fase D
- CP Bahasa Inggris Fase D
- CP IPA Fase D
- CP IPS Fase D
- CP PJOK Fase D
- CP Seni Musik Fase D
- CP Seni Rupa Fase D
- CP Seni Tari Fase D
- CP Seni Teater Fase D
- CP Prakarya Budidaya Fase D
- CP Prakarya Kerajinan Fase D
- CP Prakarya Pengolahan Fase D
- CP Prakarya Rekayasa Fase D
- CP Muatan Keterampilan Robotika Fase D