CP Pendidikan Agama Islam Fase D


Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

CP PAI (Pendidikan Agama Islam) Fase D ini merupakan Capaian Pembelajaran terbaru yang mengacu pada ruang lingkup materi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti sesuai Permendikbudristek No. 8 Tahun 2024 tentang Standar Isi.

Peserta didik mampu memahami beberapa ayat Al-Qur’an dan hadis, rukun iman, akhlak terhadap Allah Swt., rasul, sesama, dan lingkungan, ketentuan ibadah, penyembelihan hewan, dan peradaban pasca khulafaurasyidin.

CP (Capaian Pembelajaran) setiap elemen mata pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti Fase D adalah sebagai berikut.

ElemenCapaian Pembelajaran
Al-Qur’an HadisPeserta didik memahami ayat Al Qur’an dan hadis tentang pentingnya iman, takwa, toleransi, cinta tanah air, semangat keilmuan dan sabar dalam menghadapi musibah dan ujian.
AkidahPeserta didik memahami rukun iman dan hal-hal yang dapat meneguhkan iman.
AkhlakPeserta didik memahami ikhlas, bersyukur kepada Allah Swt., cinta rasul, husnuzan, kasih sayang kepada sesama dan lingkungan alam.
FikihPeserta didik memahami ketentuan sujud, salat, kewajiban terhadap jenazah, haji dan umrah, penyembelihan hewan, kurban, akikah, dan rukhsah dalam perspektif mazhab fikih.
Sejarah Peradaban IslamPeserta didik memahami peradaban Bani Umayyah, Abbasiyyah, Fatimiyah, Turki Usmani, Syafawi, dan Mughal.

Sumber: Keputusan Kepala BSKAP Kemedikbudristek No. 32/H/KR/2024


Baca juga CP Terbaru versi Tahun 2024 lainnya: