A. Asesmen Non Kognitif
Guru non-matematika tidak memiliki tanggung jawab untuk melakukan asesmen numerasi di dalam mata pelajarannya karena memang bukan merupakan tujuan dari mata pelajaran tersebut. Namun guru non-matematika dapat terlibat pada saat melakukan asesmen non kognitif melalui observasi perilaku peserta didik dengan memperhatikan dan mencatat apa yang peserta didik katakan dan lakukan di dalam kelas.
Dua aspek yang berkaitan dengan numerasi yang perlu diperhatikan ketika mengobservasi peserta didik, yaitu kemampuan numerasi, dan disposisi atau sikap dari peserta didik. Berikut rubrik yang dapat digunakan untuk menilai kedua aspek tersebut.
Keterampilan | Ya | Tidak | Catatan |
---|---|---|---|
Penalaran Matematika | |||
|
|||
Penggunaan Alat Matematika | |||
|
Untuk menilai disposisi (yaitu kualitas yang melekat pada pikiran dan karakter seseorang yang mencakup sikap dan/atau kepercayaan) termasuk rasa percaya diri, keluwesan (fleksibilitas), inisiatif dan risiko, guru dapat menggunakan rubrik berikut ini pada saat mengobservasi peserta didik ketika mereka mengerjakan pekerjaan/tugas numerasi.
Keterampilan | Ya | Tidak | Catatan |
---|---|---|---|
|
B. Asesmen Diri Peserta Didik
Lingkari kata (satu atau lebih) yang menggambarkan bagaimana perasaanmu ketika sedang mengerjakan tugas. Selanjutnya peserta didik dapat menambahkan kata lain pada daftar yang menjelaskan perasaanmu.
senang | tidak bahagia | mantap | bodoh |
pintar | bingung | semangat | tertarik |
tidak terlibat | antusias | tertekan | frustasi |
khawatir | bosan | puas | … |
Lingkari kata (satu atau lebih) yang menggambarkan tugas tersebut. Selanjutnya peserta didik dapat menambahkan kata lain pada daftar yang menjelaskan perasaanmu.
menyenangkan | menantang | susah |
sangat mudah | mengecewakan | sama seperti biasanya |
mengasyikkan | membosankan | … |
menarik | berbeda | … |
Sumber :
Pada Mata Pelajaran IPA, IPS, PJOK, dan Seni Budaya untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Sekolah Menengah Pertama
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021