Penilaian Formatif


"Penilaian seharusnya lebih mengutamakan assessment as learning dan assessment for learning dibandingkan assessment of learning"

Penilaian Formatif

A. Pengertian Penilaian Formatif

Penilaian Formatif adalah proses mengumpulkan data / informasi / bukti-bukti mengenai sejauh mana (seberapa baik) kemajuan siswa dalam menguasai kompetensi, menginterpretasikan data / informasi tersebut, dan memutuskan kegiatan pembelajaran yang paling efektif untuk memfasilitasi setiap siswa untuk mencapai penguasaan kompetensi yang optimal.

B. Tujuan Penilaian Formatif

  1. Agar guru memperoleh informasi berkelanjutan tentang perkembangan penguasaan kompetensi siswa untuk meningkatkan kualitas pengajarannya sehingga terjamin pencapaian optimal belajar siswa.
  2. Agar siswa dapat memantau belajar mereka melalui umpan balik dari guru.

C. Waktu Pelaksanaan

Penilaian formatif dilaksanakan oleh guru bersama siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, yaitu di awal (pendahuluan), tengah (inti), atau akhir (penutup).

D. Bentuk-bentuk Penilaian Formatif

  1. Pertanyaan
  2. Diskusi
  3. Aktivitas
  4. Konferensi
  5. Interviu
  6. Penilaian diri

E. Cakupan Penilaian Formatif

  1. Sikap
  2. Pengetahuan
  3. Keterampilan

F. Perbedaan antara Penilaian Formatif dan Sumatif

Penilaian Formatif Penilaian Sumatif
Dilakukan saat proses pembelajaran suatu unit/ bab/ kompetensi tertentu berlangsung Dilakukan pada akhir pembelajaran suatu unit/ bab/ kompetensi tertentu
Bertujuan untuk mengetahui perkembangan penguasaan siswa terhadap suatu unit/ bab/ kompetensi yang sedang dipelajari Bertujuan untuk mengetahui pencapaian belajar siswa dari pembelajaran suatu unit/ bab/ kompetensi yang sudah berakhir
Sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran suatu unit/ bab/ kompetensi yang sedang dipelajari agar siswa mencapai penguasaan yang optimal Sebagai bukti mengenai apa yang dikuasai oleh siswa
Tidak digunakan untuk menentukan nilai rapor Digunakan untuk menentukan nilai rapor, naik kelas atau tinggal kelas, atau lulus atau tidak lulus

G. Teknik-teknik Penilaian Formatif

  1. Pengetahuan :
    Bertanya, presentasi, daftar hal-hal penting, matrik ingatan, peta konsep, sebutkan beberapa hal, memecahkan masalah, contoh dan noncontoh, exit slips, kuis, uraian satu menit, dll.
  2. Keterampilan :
    Daftar cek, lembar catatan siswa, rekaman video, rancangan proyek, kartu aplikasi, dll.
  3. Prinsip-prinsip Pemilihan Teknik
    • Efektif mengungkap data/informasi yang dikendaki.
    • Sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa.
    • Bervariasi dalam satu pelajaran biasanya penilaian formatif dilakukan beberapa kali sehingga untuk menghindari kebosanan, teknik penilaian formatif yang digunakan sebaiknya berbeda-beda.
    • Menyenangkan.
    • Didukung oleh sumber daya yang tersedia.
    • Dapat dilaksanakan dalam waktu yang tersedia sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar.

H. Prinsip-prinsip Pengembangan Instrumen

  1. Mengacu pada kemampuan (competency referenced).
  2. Berkelanjutan (continuous).
  3. Didaktis.
  4. Bersifat menggali informasi.
  5. Melihat kelebihan dan kelemahan siswa.

I. Prinsip-prinsip Penilaian Formatif

  1. Terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung.
  2. Melibatkan siswa dalam pelaksanaannya.
  3. Berkenaan tidak hanya dengan kemajuan penguasaan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan, tetapi juga motivasi belajar, sikap terhadap pembelajaran, serta gaya belajar dalam proses pembelajaran.

J. Alur Penilaian Formatif

  1. Perencanaan
    • Mencermati tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
    • Memilih teknik penilaian yang sesuai.
    • Mengembangkan instrumen penilaian (termasuk kunci jawaban / rubrik penilaian / pedoman penskoran bila diperlukan).
  2. Pelaksanaan
    • Elisitasi (mengumpulkan bukti-bukti mengenai penguasaan kompetensi melalui berbagai teknik penilaian formatif).
    • Interpretasi (menganalisis data penilaian).
    • Tindakan :
      • Memberikan umpan balik.
      • Melakukan aksi tindak lanjut.
  3. Capaian Kompetensi

Sumber : http://ditsmp.kemdikbud.go.id/infografis-penilaian-formatif